Uncategorized

Unjuk Bakat di Festival Anak Ramadhan

            Momen bertajuk “Festival Anak Ramadhan” digelar komunitas relawan, Sobat LemINA pada Sabtu, 25 Juni 2016 lalu. Kegiatan yang digelar di Aula Benteng Rotterdam ini, bertujuan untuk menggali dan mengeksplore potensi serta kreatifitas anak-anak di Makassar. “Kami baru kali pertama mengadakan Festival Anak Ramadhan, tetapi kami sangat bersyukur karena masyarakat cukup antusias mengikutsertakan anak-anak mereka,” ungkap Indah, Koordinator Sobat LemINA.

            Ada empat kategori yang diperlombakan, yakni mewarnai, fashion show, hafalan juz amma, dan lomba mendongeng dengan kriteria usia peserta mulai dari 4 tahun sampai 12 tahun. Biaya registrasi yang harus dibayar peserta pun tidak sampai menguras isi dompet, hanya 25.000,- rupiah saja untuk lomba mewarnai, hafalan dan dongeng. Sedangkan untuk lomba fashion show hanya 35.000,- rupiah, dimana keseluruhan biaya registrasi peserta langsung didonasikan untuk berbagai kegiatan sosial yang dimotori  Sobat LemINA.

            Puluhan peserta tampak sangat bersemangat saat menunjukkan bakat mereka. Suasana aula pun langsung pecah oleh riuh para orang tua dan pendukung, saat peserta lomba fashion show mulai beraksi di atas karpet biru yang disulap panitia mejadi catwalk. Dikategori ini, anak binaan komunitas Lentera Negeri, Nur Tahirah Qoniyah mendapat poin tertinggi dari juri dan berhasil meraih juara satu. Juara dua masih dari anak binaan Lentera Negeri, Nur Sahirah, dan juara ke-tiga ada Fathiah Febrianti dari Kelompok Bermain Babul Jannah. Suasana khidmat dan menegangkan tampak pada lomba Hafalan Juz Amma. Lomba yang paling banyak diminati ini berlangsung sangat ketat. Bahkan, juri cukup kewalahan menentukan pemenang karena hampir setiap peserta mampu menghafalkan tantangan surah yang diberikan, dengan sangat mudah.

Lagi-lagi anak binaan Lentera Negeri, Anugrahyanti berhasil memboyong piala juara satu dikategori ini, sementara anak binaan SDIT Ma’arif, Dicki Firmansyah dan Ahmad Najib, masing-masing juara dua dan tiga. Trophy juara satu untuk lomba dongeng juga diraih anak binaan Lentera Negeri, Muhammad Nur Ramadhan, dan juara satu lomba mewarnai ada Banon Akbar dari TK Akar Panrita.

            Sobat LemINA sebagai penyelenggaraan Festival Anak Ramadhan 2016 berharap, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun. Acara serupa akan dikemas lebih apik lagi, dengan harapan anak-anak di Makassar mendapatkan wadah untuk mengekspresikan bakat yang mereka miliki.

*Ditulis oleh relawan Sobat LemINA, Kak Dede Farsjad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *