Event

Peningkatan Kapasitas Relawan Melalui Kelas Ice Breaking

Peningkatan Kapasitas Relawan Melalui Kelas Ice Breaking

TeBar, singkatan dari #TemanBelajar, merupakan salah satu program kerja Sobat LemINA yang bertujuan meningkatkan kapasitas para relawannya.

Kegiatan ini penting mengingat akan ada lebih banyak program kerjasama dan kolaborasi Sobat LemINA dengan organisasi dan pihak lain kedepannya. Melalui kelas TeBar kali ini, relawan belajar melakukan teknik-teknik ice breaking yang menyenangkan untuk dipraktikkan saat melakukan fasilitasi, baik di depan audiens anak-anak, maupun audiens orang dewasa.

Kegiatan ini menghadirkan Kak Riri dan Kak Mangga sebagai pemateri. Keduanya merupakan relawan yang sudah wara-wiri bekerja sebagai fasilitator dalam banyak kegiatan kerelawanan. Berlangsung di Hari Minggu, 22 Mei, dengan dihadiri oleh 8 peserta, tepatnya di Kafe PagiHari Boulevard, kelas dimulai pada pukul 14.30 WITA hingga jelang maghrib.

Kegiatan dibuka dengan melakukan senam dengan gaya kocak diiringi lagu “Kupetik Bintang” oleh Sheila on 7. Kemudian dilanjutkan dengan assessment di awal dan di akhir sesi berupa sejauh mana sih relawan mengenal 6 metode manajemen kelas kreatif. Manajemen kelas kreatif di sini meliputi greeting, grouping, ice breaking, energizer, apresiasi, dan closing.

Psst, ada penjelasan tambahan dari pemateri juga mengenai 6 kesalahan yang lazim dilakukan fasilitator saat melakukan fasilitasi. Tujuannya tentu agar relawan tidak hanya mampu memecah kebekuan dan mencairkan suasana, tapi juga menjadi fasilitator yang lebih baik di kegiatan Sobat LemINA selanjutnya. Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan fasilitasi ialah tidak interaktif, yang harapannya melalui kelas ini dapat diminimalisir oleh relawan.  

Sebelum closing, para relawan yang hadir dibagi ke dalam 2 kelompok dan diminta untuk melakukan role play, semacam simulasi fasilitasi yang didalamnya harus mencakup praktik keenam metode manajemen kelas kreatif yang sudah dibahas sebelumnya. Pemateri bertindak sebagai juri, memberikan masukan berupa saran untuk perbaikan berdasarkan penampilan dan pembawaan setiap kelompok di sesi tersebut.

Jadi selain materi yang sebagian besarnya diisi oleh permainan, pun ada refleksi, evaluasi, dan simulasi.

Kelas upgrading berdurasi sekitar tiga setengah jam penuh yang menyenangkan. Untuk Senyum Anak Indonesia!

Sesi foto bersama di kelas #TemanBelajar Sobat LemINA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *