Uncategorized

Aku Reporter Cilik

Senin, 16 Mei 2016. Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) dalam berbagai kesempatan berusaha untuk terus meningkatkan dan berpartisipasi aktif dalam bidang pendidikan. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan untuk anak sekolah dasar binaan LemINA.

Sejumlah 20 anak dari SD Negeri Paccinang dan SDN Sungguminasa 4 menjadi peserta dalam kegiatan ini. Mereka adalah siswa kelas empat SD yang menjadi binaan sobat LemINA dalam program Nulis Bareng Sobat (NBS) yang sudah berjalan selama tiga batch di sekolah kabupaten Gowa dan Sekolah di Makassar.

Pelatihan kali ini mengusung  tema ‘Aku Reporter Cilik’ dengan menghadirkan relawan fasilitator dari bidang jurnalistik, diantaranya relawan sobat LemINA dari media cetak Tribun Timur dan Kompas TV. Dalam kegiatan ini, anak-anak diajarkan untuk mengelola majalah dinding melalui tulisan-tulisan kreatif.

Salah satu sesi dalam pelatihan ini adalah tehnik wawancara yang dibawakan oleh wartawan media cetak Tribun Timur, Munawwarah. Tehnik mengajukan pertanyaan kepada orang dewasa dan kepada teman sebaya menjadi salah satu isi pelatihan ini. Semua materi dibawakan dengan cara menyenangkan disertai dengan berbagai games yang menarik untuk anak-anak.

Diharapkan setelah pelatihan berlangsung, para reporter cilik ini bisa mengelola majalah dinding di sekolah mereka masing-masing. Tulisan yang dihasilkan juga bisa lebih variatif dan mencerminkan nilai-nilai kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *