Orang Tua

SMS Bunda, Upaya Pencegahan Kematian Ibu dan Bayi

*Program ini merupakan kerjasama dengan Yayasan BaKTI

LemINA sebagai Lembaga Mitra Ibu dan Anak bersama Yayasan BaKTI bekerjasama dalam menyukseskan program SMS Bunda yang diprakarsai oleh Jhpiego dan GE Foundation, yaitu suatu layanan SMS gratis yang memberikan informasi kesehatan ibu dan bayi sampai dengan 1000 hari pertama kelahiran.  

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan tingkat kematian ibu dan bayi tertinggi di dunia. Penyebabnya pun bermacam-macam, seperti kehamilan di usia yang sangat muda, persalinan yang tidak dibantu oleh petugas kesehatan ahli, kekurangan gizi, dll. Tidak hanya ibu hamil, tetapi juga resiko kematian dapat terjadi pada ibu pasca melahirkan dan bayinya. Tidak sedikit keluarga-keluarga di Indonesia yang cuek dengan kondisi kehamilannya, ada juga suami yang bersikap acuh tak acuh terhadap kehamilan sang istri. Padahal hal itu dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan ibu hamil bahkan dapat berdampak pada kesehatan ibu dan janinnya.

Penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan setelah melahirkan mampu menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya. Tidak hanya ibu, tetapi keluarga yang lain juga seharusnya tahu tentang praktik perawatan kesehatan, tanda bahaya pada ibu dan bayi yang baru lahir, juga perawatan dasar bayi baru lahir hingga berusia dua tahun. Diharapkan pula dengan adanya program ini keluarga mampu melakukan penanganan yang tepat disaat terjadi tanda-tanda bahaya kehamilan atau setelah melahirkan.

SMS Bunda telah digalakkan di empat kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, yaitu Makassar, Maros, Bone, dan Pare-Pare. Pesan Kesehatan ini akan langsung dikirm ke handphone pengguna yang telah mendaftarkan nomornya pada Program SMS Bunda. Baik kepada ibu yang sedang hamil, baru saja melahirkan, maupun mereka yang jarang bersentuhan langsung dengan sistem kesehatan.   SMSbunda dipromosikan langsung ke wilayah-wilayah yang menjadi target program melaui kampanye massal ke puskesmas maupun rumah sakit, perkumpulan bidan, atau bahkan kampanye turun ke jalan. Untuk mendukung kegiatan ini, LemINA tidak bekerja sendiri, ada juga bantuan dari pihak dinas kesehatan kota Makassar yang turut membantu memperlancar kegiatan, juga partisipasi dari ikatan bidan di kota makassar.

*Ditulis oleh Uchi Fauziah, relawan sobat lemina dan Fasilitator SMS Bunda

Leave a Reply

Your email address will not be published.