Uncategorized

Seragam Untuk Sobat 2018

Yeay…Seragam Baru!!

“Duduk yang rapi ya, semuanya bakal dapat seragam baru,” seruku. “Iya kak…,”  jawab anak-anak kompak sambil merapikan posisi duduk mereka. Selanjutnya, satu per satu anak berdiri dalam deretan ke belakang sambil menunggu giliran untuk mengambil seragam sekolah yang dijanjikan. Binar kebahagiaan terpancar dari mata anak-anak kala seragam putih merah hati sudah di tangan. Mereka tersenyum! Sesederhana itulah tujuan kami, para relawan Sobat LemINA.

Sabtu, 5 Mei 2018 komunitas Sobat LemINA berbagi seragam gratis di SDI Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Setelah berbulan-bulan mengumpulkan donasi, agenda rutin menyambut tahun ajaran baru ini kembali terealisasi. Sasaran ada 141 anak dengan latar pekerjaan orang tua rata-rata adalah petani, buruh bangunan dan pekerja serabutan.  Selain mendapat seragam sekolah, setiap anak juga membawa pulang satu bingkisan berisi buku, pensil dan alat belajar lainnya dari komunitas TASAFA (Sahabat Dhuafa) Makassar yang bersinergi dalam program Seragam untuk Sobat.

Pagi itu, keseruan juga tampak di lapangan sekolah. Siswa kelas rendah yang masih mengantre mengikuti games. Mulain dari games kekompakan hingga permainan yang merangsang konsentrasi anak-anak. Ada dongeng seru juga lho dari kak Rara. Dongeng bertema Kebun Binatang ini mengajak anak-anak mengenali perbedaan suara setiap hewan. “Meong-meong… guk-guk… kukuruyuk… mooaa-mooaa… aum-aum… mbek-mbek…,” seperti itulah anak-anak saling sahut-menyahut.

Seragam untuk Sobat adalah program berbagi seragam sekolah secara gratis yang digagas komunitas Sobat LemINA. Program ini terus digalakkan dan sudah masuk tahun ke enam pelaksanaannya. Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan memotivasi semangat anak-anak agar terus semangat bersekolah. Harapannya, tidak ada lagi anak, generasi penerus negeri ini yang putus sekolah karena alasan tidak memiliki seragam.

* Ditulis oleh relawan sobat lemina, Kak dede farsjad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *