Event Home Kerjasama Uncategorized

Pelatihan Fasilitator Program MKM

Tanggal 14-15 Januari 2021, Yayasan LemINA melaksanakan pelatihan khusus untuk relawan LemINA yang akan menjadi fasilitator pada program Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) yang akan dilaksanakan di 20 sekolah di kota Makassar.

Dalam kegiatan ini relawan diberi bekal teknik fasilitasi dan berbagai informasi tentang kondisi sarana sanitasi dan MKM di Indonesia. Setelah kegiatan ini, relawan akan melakukan fasilitasi di 20 sekolah terpilih yang menjadi intervensi program.

Program MKM terlaksana atas dukungan Kedutaan Besar New Zealand dan Dinas Pendidikan Kota Makassar sejak November 2020 dan akan berakhir di bulan Oktober 2021.

Manajemen Kebersihan Menstruasi adalah program edukasi pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. 

Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering  mungkin selama periode menstruasi,  dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga  (toilet yang berfungsi, pintu dapat terkunci dari dalam, dan terpisah dengan laki-laki ) dan memiliki akses untuk membuang pembalut bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *