Uncategorized

Tentang Sobat LemINA

Sobat LemINA adalah komunitas relawan anak yang diinisiasi oleh anak muda Makassar sendiri, bukan replikasi atau perwakilan daerah dari komunitas yang memiliki nama sama.

Hal ini menyebabkan nama Sobat LemINA tak ditemukan di provinsi lain.  Kata “Sobat” mengacu kepada pengertian bahwa para relawan adalah sobat bagi anak dan mitra para ibu dalam mengasuh serta mendidik anak-anak mereka.

Sebagai komunitas, Sobat LemINA berada di bawah Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA). Yayasan LemINA dibentuk pertama kali pada 26 Mei 2010, sementara komunitas relawan Sobat LemINA resmi terbentuk dan bekerja pada tahun 2011. Baik Yayasan maupun komunitas relawan anak, keduanya berjalan berdasarkan prinsip kerelawanan dengan sumber dana berasal dari donasi perorangan.

Sejalan dengan visi dan misi yayasan, maka Sobat LemINA pun bergerak dengan visi untuk meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak. Guna mencapai visi tersebut, hingga 2016 ini komunitas berjalan dengan misi peningkatan kualitas hidup anak di bidang pendidikan dan kesehatan. Misi ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan Suistainable Development Goals (SDGs) untuk goal 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di segala usia, serta goal 4 yaitu menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif serta meningkatkan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *