Uncategorized

Sosialisasi untuk Perluasan Program Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik dan Integratif di Provinsi Sulawesi Selatan

Dalam rangka mendukung perluasan pelaksanaan PAUD Holistik Integratif (HI), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan UNICEF dan LemINA melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Perluasan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di sembilan kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten tersebut adalah kabupaten Pangkep, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Maros, Kabupaten Wajo, Kabupaten Takalar, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Jeneponto.

Sosialisasi yang dilaksanakan di setiap Kabupten ini menghadirkan perwakilan dari Bappeda, Dinas Pendidikan, POKJA Bunda PAUD Kabupaten, Dinas Kesehatan, DP3A, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten dan BKKBN Kabupaten, kepala PAUD serta perwakilan Desa dan dan Puskesmas.

Program PAUD Holistik Integratif merupakan program yang dilakukan guna mendukung peningkatan akses dan kualitas terhadap layanan PAUD yang holistik dan integratif serta kebijakan PAUD HI di daerah. UNICEF bekerjasama dengan LeMINA, mendukung pemerintah provinsi dalam melakukan pembinaan teknis dan penguatan kapasitas pada sembilan kabupaten dalam meningkatkan layanan PAUD HI melalui: 1) advokasi, dukungan teknis dan dukungan kebijakan; 2) peningkatan kapasitas penyedia layanan PAUD HI, termasuk guru dan sekolah kepala sekolah; 3) kesadaran dan mobilisasi masyarakat untuk memastikan anak (usia 4-6 tahun) diidentifikasi tidak terdaftar di pusat PAUD melalui Sistem Informasi Berbasis Masyarakat (aplikasi Pasti Beraksi), dapat  menerima layanan pembelajaran usia dini yang berkualitas.

Sosialisasi Program PAUD HI bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai PAUD HI, pemetaan peran dan dukungan OPD lintas sektor dalam PAUD HI  serta tersosialisasinya strategi program untuk percepatan perluasan PAUD HI dan  dukungan program kerjasama UNICEF-Lemina

Hasil dari Sosialisasi Program PAUD HI adalah adanya kepedulian, komitmen dan peran aktif setiap pemangku kepentingan dalam mendukung PAUD HI. Komitmen ini dibuktikan dengan penyerahan Surat Pernyataan Kesediaan Melaksanakan Program PAUD HI yang ditandatangani oleh Bupati dari 9 kabupaten terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.