Anak Event

Pra-Event FAM 2021: Kunjungan ke Perpustakaan Ibu dan Anak

Pra-Event FAM 2021: Kunjungan ke Perpustakaan Ibu dan Anak (9/7)

Makassar – Jelang Festival Anak Makassar, disingkat FAM, yang akan digelar secara daring tanggal 24 Juli nanti, LemINA mengadakan pra-event berupa kegiatan kunjungan ke perpustakaan, yakni Perpustakaan Ibu dan Anak Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (9/7) siang kemarin.

Kegiatan kunjungan ke perpustakaan yang terletak di Jalan Lanto Daeng Pasewang tersebut dimulai pukul 14:00 hingga waktu tutup perpustakaan. Diikuti oleh enam anak dampingan program NBS, kegiatan berlangsung seru.

Diawali dengan perkenalan sembari bermain tebak hobi oleh anak-anak dan kakak-kakak relawan, lalu diikuti dengan lomba menyusun puzzle, read aloud buku cerita berjudul “Tentang Memaafkan”, hingga lomba menyusun kalimat menggunakan potongan suku kata yang sudah diacak sebelumnya. Kegiatan juga diselingi dengan bermain bersama di pojok bermain anak yang disediakan oleh perpustakaan. Sebagai catatan, kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ditanya mengenai latar belakang diadakannya kegiatan kunjungan perpustakaan ini, seorang relawan menjelaskan:

“Selama setahun ini, anak-anak melaksanakan proses belajar dari rumah. Sayangnya, banyak di antara mereka kehilangan akses literasi akibat minimnya bahan bacaan di rumah mereka. Untuk itu, kami mengajak anak-anak dampingan NBS berkunjung ke perpustakaan, agar mereka kembali dekat dengan buku-buku. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi ruang temu anak-anak untuk belajar dan bermain bersama lagi.”

– Kak Rara (Koordinator NBS)

Selain pojok bermain anak, Perpustakaan Ibu dan Anak juga dilengkapi dengan fasilitas berupa pojok baca digital, musholla, toilet yang terpisah untuk pengunjung laki-laki dan perempuan, serta wifi. Sarana permainan edukatif untuk anak pun cukup memadai.

Di akhir kegiatan, Kak Wina selaku koordinator relawan Sobat LemINA menyerahkan puzzle untuk Perpustakaan Ibu dan Anak yang diwakili oleh salah seorang pustakawan.

Oh iya, jangan lupa, kurang lebih sepekan lagi akan ada FAM lho. Nantikan keseruannya!

Pra-Event FAM 2021: Kunjungan ke Perpustakaan Ibu dan Anak (9/7)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *