Event

Pembekalan Relawan NBS Batch 8

Pembekalan Relawan NBS Batch 8 (19/6)

Makassar – LemINA akhirnya membuka kembali rekrutmen relawan baru, setelah setahun tidak mengadakan perekrutan. Pandemi mengharuskan untuk melakukan pembatasan kegiatan, termasuk di sekolah, menyebabkan beberapa kegiatan Sobat LemINA harus terhenti untuk beberapa saat. Relawan baru ini kelak akan menjadi fasilitator dalam program Nulis Bareng Sobat.

Apa sih Nulis Bareng Sobat itu? Nulis Bareng Sobat, disingkat NBS, merupakan program literasi dari Sobat LemINA. NBS hadir sebagai ruang bagi anak-anak, khususnya siswa kelas IV sekolah dasar dalam rangka menumbuhkan kesadaran dan kecintaan terhadap literasi baca-tulis.

Nah, sebelum turun mendampingi anak, calon relawan terlebih dulu diberi pembekalan (coaching).

Dihadiri oleh sembilan orang calon relawan program NBS, coaching diawali dengan sesi perkenalan. Para calon relawan diminta untuk menuliskan harapan mereka bergabung dengan Sobat LemINA.

Saya berharap dapat menambah pengalaman, skill, dan relasi. Kemudian, saya juga berharap dapat menemukan arti dari hidup saya dan sisi baru dari kehidupan orang-orang.”

– salah seorang calon relawan

Harapan saya dengan mengikuti kegiatan ini, yaitu agar menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Selain itu, ingin membawa perubahan tidak untuk saya seorang tetapi juga untuk orang lain.”

– calon relawan lainnya

Coaching diadakan di Kafe PagiHari Boulevard, tanggal 19 Juni 2021 kemarin. Calon relawan dijejali dengan beberapa materi ‘daging’ terkait kerelawanan dan pendidikan anak. Sebut saja: Pengenalan LemINA oleh Kak Wina; Hak Anak dan Etika Berinteraksi oleh Kak Eki; Penguatan Relawan oleh Kak Bunga; Ice Breaking oleh Kak Nasrul, Materi Dasar PUEBI oleh Kak Evhy; dan ada materi Disiplin Positif oleh Ibu Titin Florentina.

Setelah menerima materi, calon relawan diajak untuk menyusun rencana tindak lanjut. Mereka dibagi kedalam tiga kelompok, kemudian diberi informasi tentang beberapa siswa yang akan mereka dampingi nanti.

Melalui program NBS, relawan akan memfasilitasi anak-anak memahami materi dasar membaca dan menulis melalui aktivitas belajar yang aktif, kritis, dan menyenangkan.

Pembekalan Relawan NBS Batch 8 (19/6)

*Ditulis oleh Kak Khalifah, relawan Sobat LemINA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *