Tinju Tinja Squad Sobat LemINA Beraksi di Takalar

Takalar, Indonesia (24-03-2018). Komunitas relawan LemINA mengadakan Aksi Tinju Tinja di Kabupaten Takalar. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dinaungi oleh UNICEF. Aksi Tinju Tinja ini bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan masyarakat Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Daerah yang menjadi lokasi diadakannya Aksi Tinju Tinja ini adalah Dusun Maccini Baji, Desa Ujung Baji, Kecamatan Sanrobone yang merupakan daerah pesisir. Kegiatan ini mengikutsertakan semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua. Tahun ini merupakan tahun pertama LemINA turut serta dalam Aksi Tinju Tinja. Dengan diadakannya aksi ini, semoga dapat mendukung untuk mencapai Indonesia bebas BABS pada 2019 yang akan datang.

LemINA hadir untuk meberikan pemahaman kepada para masyarakat terkait bahaya Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Animo masyarakat sangat besar dalam mengikuti aksi ini, hal tersebut dibuktikan dengan padatnya Aula Masjid yang menjadi lokasi kegiatan. Untuk mengefisienkan dan mengefektifkan Aksi Tinju Tinja, para relawan membagi para pesera Aksi Tinju Tinja ke dalam beberapa kelompok kecil, ini dilakukan agar seluruh peserta paham akan dampak dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Masyarakat Dusun Maccini Baji tergolong jauh dari kebiasan Buang Air Besar (BAB) pada tempatnya, hal ini dikarenakan kurangnya WC atau bahkan bisa dikatakan sangat minim. Menurut data Sanitarian Peskesmas Desa Ujung Baji terdapat kurang lebih 100 kepala keluarga tidak memiliki WC. Hal tersebut yang menyebabkan sebagian besar masyakarat membuang tinja bukan pada tempatnya. Salah satu upaya pemerintah setempat untuk menaggulangi permasalah tersebut adalah menyediakan WC umum, namun ternyata solusi tersebut tidak berjalan lancar, hanya berjalan beberapa bulan dan akhirnya kebiasaan masyarakat tersebut kembali seperti semula. Menurut sebagian besar masyarakat akibat dari hal tersebut adalah jauhnya jarak rumah penduduk dengan WC umum, sehingga masyarakat memutuskan untuk tidak menggunakan WC umum dan lebih memilih Buang Air Sembarangan (BAB).

Melihat antusias masyarakat yang begitu luar biasa terhadap aksi ini, LemINA berharap sekiranya masyarakat bisa menyadari bahaya dari Buang Air Sembarangan (BAB). Kami menyampaikan terima kasih kepada para Sanitarian Puskesmas dan pemerintah setempat atas kerjasama dalam penyelenggaraan aksi ini, serta para mitra UNICEF baik organisasi maupun pemerintah.

 

Tulisan oleh Fitria, relawan Sobat LemINA 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *