Sobat LemINA adalah komunitas relawan anak yang diinisiasi oleh anak muda Makassar sendiri, bukan replikasi atau perwakilan daerah dari komunitas yang memiliki nama sama. Hal ini menyebabkan nama Sobat LemINA tak ditemukan di provinsi lain.  Kata “Sobat” mengacu kepada pengertian bahwa para relawan adalah sobat bagi anak dan mitra para ibu dalam mengasuh serta mendidik anak-anak mereka.

Sebagai komunitas, Sobat LemINA berada di bawah Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA). Yayasan LemINA dibentuk pertama kali pada 26 Mei 2010, sementara komunitas relawan Sobat LemINA resmi terbentuk dan bekerja pada tahun 2011. Baik Yayasan maupun komunitas relawan anak, keduanya berjalan berdasarkan prinsip kerelawanan dengan sumber dana berasal dari donasi perorangan.

Sejalan dengan visi dan misi yayasan, maka Sobat LemINA pun bergerak dengan visi untuk meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak. Guna mencapai visi tersebut, hingga 2016 ini komunitas berjalan dengan misi peningkatan kualitas hidup anak di bidang pendidikan dan kesehatan. Misi ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan Suistainable Development Goals (SDGs) untuk goal 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di segala usia, serta goal 4 yaitu menjamin kualitas pendidikan yang adil dan inklusif serta meningkatkan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.

 

  • Nulis Bareng Sobat

Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan menulis kepada anak-anak. Menulis yang dimaksud adalah menulis cerita, menuangkan ide, atau membuat puisi. Nulis Bareng Sobat dilaksanakan dalam durasi waktu tertentu. Satu siklus (batch) berlangsung selama 6 bulan. Tahun 2016 ini, program telah berjalan selama 4 batch atau 2 tahun. Ada dua sekolah sasaran program, yaitu SD Inpres Paccinang Makassar dan SDN Sungguminasa IV Kab. Gowa. Kedua sekolah ini rencananya akan didampingi selama 5 batch.

 

  • Aku Sayang Badanku

Untuk memberikan edukasi terkait pencegahan kekerasan seksual pada anak, maka program ini diselenggarakan. Sasaran program Aku Sayang Badanku adalah siswa sekolah dasar kelas IV, V dan VI, guru SD dan para ibu di lingkungan tertentu. Relawan yang terlibat pada program ini, bukan hanya relawan anak saja, tetapi juga relawan psikolog, yang bertindak sebagai fasilitator sekaligus narasumber. Hal ini dimaksudkan agar edukasi yang diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan.

 

  • Seragam tuk Sobat

Mulai dilaksanakan sejak 2012 dan menjadi program tahunan Sobat LemINA hingga saat ini. Program ini bertujuan untuk menyediakan seragam dan perlengkapan sekolah bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu. Seragam dan perlengkapannya diperoleh dari donasi barang dan uang dari donasi perorangan dan relawan. Dengan program ini, diharapkan siswa akan tetap memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar dan bersekolah.

  1. Wisata Sejarah untuk anak-anak, yang telah dilaksanakan sebanyak 2 kali
  2. Wisata Profesi, telah dilaksanakan satu kali di tahun 2015.
  3. Pelatihan Aku Reporter Cilik, dilaksanakan 1 kali di tahun 2016
  4. Peringatan Hari Anak Nasional, dilaksanakan sejak 2011 hingga 2014
  5. Festival Anak Makassar pada tahun 2015, dihadiri oleh 150 anak dari beberapa komunitas
  6. Festival Anak Ramadhan pada tahun 2016
  7. Nulis Blog Relawan sejak tahun 2015, guna knowledge management para relawan ke masyarakat luas
  8. Coaching Relawan sejak tahun 2014, untuk mengupgrade kemampuan para relawan
  9. Gathering Relawan sejak tahun 2013, untuk menjaga semangat kerelawanan dan menyusun rencana tahunan
  10. Mini Workshop Blog Pemula bagi guru sekolah dasar pada tahun 2015.
  11. Dongeng Cuci Tangan Pakai Sabun di tahun 2015
  12. Dongeng Sayang Teman dan Sopan pada Guru di tahun 2016.