Pelatihan Fasilitator Aku Sayang Badanku (ASB) : Bersama mencegah kekerasan seksual

Minggu, 9 April 2017, Sobat LemINA untuk pertama kalinya mengadakan pelatihan fasilitator edukasi pencegahan kekerasan seksual di Ruang AS Yayasan BaKTI. Jika sebelumnya kegiatan edukasi dengan tajuk Aku Sayang Badanku (ASB) hanya dilaksanakan di sekolah dasar dengan pemateri Psikolog, kali ini materi diberikan untuk relawan Sobat LemINA yang diharapkan bisa membantu peran psikolog dalam memberikan materi edukasi bagi anak.

Materi pertama dibawakan oleh Ibu Syawaliah Gismin, S.Psi,M.Psi., S.psikolog mengenai seks dan seksualitas yang sering disalah artikan. Perempaun yang berprofesi sebagai dosen ini juga memaparkan data-data mengenai angka kekerasan seksual yang terus meningkat.

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Ibu Titin Florentina, S.Psi,M.Psi., Spsikolog. Pada sesi ini Ibu Titin memaparkan materi-materi yang diberikan untuk anak sekolah dasar dengan tetap memperhatikan usia anak berdasarkan teori psikologi perkembangan.

Berikutnya adalah role play yang dilakukan oleh salah seorang relawan yang hadir. Melalui role play ini, fasilitator memberikan arahan mengenai kalimat serta tindakan yang tidak boleh dilakukan di depan anak, seperti melabeli anak ‘bohong’ atau ‘nakal’ atau melakukan kontak fisik seperti mencubit atau memukul anak.

Relawan yang telah dilatih ini nantinya akan menjadi fasilitator Kegiatan Aku Sayang Badanku yang akan terus di laksanakan di sekolah dasar. Sejak tahun 2014 sampai saat ini kegiatan Edukasi pencegahan kekerasan seksual Aku Sayang Badanku telah dilaksanakan di sembilan sekolah dasar dan enam kali focus group discussion yang meliputi kota Makassar, Sungguminasa dan Kota Masamba. Selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan di berbagai sekolah dengan bekerjasama dengan Ikatan Psikolog Klinis (IPK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *