Mini Workshop Blog Pemula bagi Guru Sekolah Dasar

Mini workshop di ruang meeting kantor BaKTI

Mini workshop di ruang meeting kantor BaKTI

Program Nulis Bareng Sobat di siklus kedua ini, mencoba memfasilitasi, tidak hanya kepada Siswa sekolah Dasar, yang merupakan sobat kecil para Relawan LemINA, tetapi juga mendampingi guru.

Bagi LemINA, guru adalah sobat yang menjadi mitra dalam mencapai tujuan program, yaitu untuk memicu anak-anak Sekolah Dasar menjadikan kegiatan menulis sebagai kebiasaan sehari-hari, meningkatkan minat baca anak guna mengembangkan ide dan imajinasi dalam menulis, melatih kepekaan terhadap sekitar serta pembinaan karakter.

Dalam upaya mewujudkan tujuan program NBS, kami menyelenggarakan Mini Workshop Blog Pemula bagi Guru, dengan harapan, para guru memiliki wadah untuk melatih diri menjadikan menulis sebagai budaya. Dari latihan di blog, kelak guru mampu menuliskan proses pembelajaran dan metode pengajarannya serta dapat dibaca oleh semua orang, sebagai referensi.

Mini workshop yang dilaksanakan di kantor Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) ini, berlangsung pada tanggal 30 Desember 2014.

Mini workshop di ruang meeting kantor BaKTI

Mini workshop di ruang meeting kantor BaKTI

Indah Arifah Febriany, seorang blogger, bekerja sebagai tim IT dan kreatif Kompas TV Makasssar, yang aktif menulis artikel sejak 2012 dan telah menerbitkan beberapa buku, menjadi fasilitator pada kegiatan ini.

Beliau memperkenalkan kepada peserta, apa itu blog, tujuan dan manfaat menulis di blog, serta membimbing praktek langsung pembuatan blog pribadi.

Karena inti dari kegiatan blog yang sebenarnya adalah pada aktifitas menulisnya, maka dibutuhkan motivasi yang kuat dari peserta untuk mau memulai mengisi blog mereka masing-masing dengan tulisan.

Guna memotivasi peserta dan mendorong mereka menemukan ide dalam menulis, maka LemINA menghadirkan seorang guru yang juga merupakan blogger, dari komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis Makassar, ibu Syawaliah Magribah.

Indah Febriany dan Syawaliah, yang menjadi fasilitator pada mini workshop blog pemula

Indah Febriany dan Syawaliah, yang menjadi fasilitator pada mini workshop blog pemula

Guru yang menerima sertifikat sebagai Guru Blogger Inspiratif dari Gerakan Indonesia Terdidik ini, berbagi pengalaman tentang bagaimana beliau menemukan ide dalam menulis serta bagaimana hal tersebut berguna dalam mendampingi anak didiknya.

Agar kegiatan menulis di blog bisa berkelanjutan, peserta diminta untuk menjawab tantangan menulis di blog setiap pekannya, dengan tema berbeda-beda, yang akan ditentukan oleh LemINA.

Tema minggu ini adalah “suasana kelasku”, yang akan dishare link-nya oleh Peserta pada Selasa pekan depan.

Mini workshop ini pun, menyarakankan kepada peserta untuk melatih diri menulis tentang pembelajaran di kelas. Sebagai acuan, fasilitator menyajikan beberapa contoh website yang berisi tulisan guru-guru tentang pembelajaran di kelas, serta tips dan trik mengelola kelas.

Salah satu dari website yang berisi tulisan dari pengajar-pengajar muda di Sekolah Dasar adalah www.belajar.indonesiamengajar.org.

LemINA akan memastikan para peserta tetap aktif menulis, dengan melakukan pendampingan di setiap minggunya secara online. Di bulan tertentu, para peserta akan diminta berkumpul lagi, untuk mereview bersama kemajuan dari kegiatan menulis mereka di blog.

Foto bersama

Foto bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *