Sobat LemINA

Featured Post

 

logo-leminaSobat LemINA adalah Komunitas Relawan Anak yang bekerja ikhlas dan bersama-sama untuk meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak. Semua bergerak dengan satu tujuan, yaitu Untuk Senyum Anak Indonesia

 

Sebagai Komunitas, Sobat LemINA merupakan bagian dari Yayasan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA).

PROGRAM RUTIN

  • Nulis Bareng Sobat pada Sekolah Dasar di Makassar dan Gowa.
  • Aku Sayang Badanku, edukasi pencegahan kekerasan seksual di Sekolah Dasar Makassar dan Kabupaten Gowa
  • FGD Khusus Ibu tentang Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak di Makassar

PROGRAM BERKALA (Tahunan)

  • Seragam Tuk Sobat Sekolah Dasar
  • Festival Anak, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli
  • Wisata Sejarah bagi sobat kecil
  • Kampanye PHBS
Read More →
Exemple

Sabtu, 22 Juni 2019 aktifitas di Jalan Barukang Raya no 111 berbeda dari biasanya. Waktu belum menunjukkan pukul 10 pagi ketika beberapa relawan lemINA berkumpul di bagunan sekolah yang serupa ruko ini. Suara anak-anak yang bersahutan terdengar dari ruangan kelas.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, LemINA kembali mengadakan pembagian seragam sekolah untuk anak sekolah dasar. Tahun ini sekolah yang terpilih adalah MIS/DDI Gusung yang terletak tidak jauh dari pelabuhan Paotere.

Donasi yang diterima adalah sejumlah Rp 8.841.100,- yang digunakan untuk membeli seragam untuk 132 murid. Donasi berasal dari berbagai pihak termasuk donasi perorangan dan juga donasi dari Komunitas Penyala Makassar.

Kegiatan berakhir setelah anak-anak bermain games dan penyerahan seragam secara simbolis kepada perwakilan siswa oleh Koordinator Relawan Sobat LemINA.“Semoga kedepannya kegiatan seragam untuk sobat berjalan terus, menebar kebaikan melalu kegiatan berbagi seragam di setiap sekolah… berharap bahwa semua anak-anak yang bersekolah mendapatkan seragam yang layak untuk mereka menuntut ilmu. untuk senyum mereka, untuk Senyum Anak Indonesian”, jawab Eki, koordinator Seragam Untuk Sobat 2019 ketika ditanya tentang harapan setelah kegiatan berakhir.

 

Read More →
Exemple

Kamis, 16 Mei 2017 dilaksanakan rapat Perencanaan Implementasi Program Pencegahan Kekerasan Seksual Berbasis Sekolah oleh Yayasan LemINA di ruang meeting Yayasan BaKTI. Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari kerjasama antara UnionAID New Zealand yang didukung oleh pemerintah Indonesia, New Zealand Embassy dan juga Yayasan BaKTI.

Rapat yang  dihadiri oleh pihak sekolah dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar ini membahas berbagai hal. Selain memperkenalkan tentang program yang akan dijalankan, pertemuan ini juga mengajak peserta untuk melihat kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Yayasan LemINA serta memberikan masukan dan saran terkait draft modul pembelajaran yang akan digunakan oleh guru sekolah dasar yang menjadi sasaran program.

Program Pencegahan Kekerasan Seksual Berbasis Sekolah akan menyasar satu sekolah terpilih dan melatih guru-guru di sekolah tersebut agar bisa memberikan pesan-pesan pencegahan kekerasan seksual kepada anak-anak. Melalui modul yang telah dibuat, guru akan mampu memahami isu kekerasan seksual dan juga ikut serta menciptakan sekolah yang ramah anak melalui SOP yang dibuat di akhir pelatihan.

Melalui Program Pencegahan Kekerasan Seksual Berbasis Sekolah, diharapkan bisa menjadi salah satu langkah untuk mengurangi angka kekerasan seksual yang masih tinggi di Kota Makassar. Program ini juga ikut berkontribusi dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta mewujudkan sekolah yang ramah bagi tumbuh kembang anak.

Read More →